Inilah Cara Mudah Android Developer Pasarkan Game Mobile

Android developer di Indonesia kini mulai bertambah. Bila dibandingkan dengan jenis bisnis lainnya, industri game mobile tanah air memang masih terbilang baru. Hal ini bisa jadi karena kurangnya informasi seputar prosedur dan peluang bisnis game mobile yang sebenarnya sangat menjanjikan.

Kursus Android Murah

Sayangnya tidak sedikit pengembang yang merasa minder duluan. Apalagi mengingat pangsa pasar yang mencakup skala internasional dan tidak lagi lokal. Jadi mungkin Anda pun berpikir harus membuat game yang melibatkan proses pembuatan yang terlalu kompleks dan harus melibatkan banyak ahli seperti desainer, programmer, atau lainnya.

Memang tidak ada yang salah bila Anda melibatkan banyak unsur dalam pembuatan game agar hasilnya memuaskan. Namun, hal tersebut bukan standar mutlak. Sebut saja contohnya game Flappy Bird yang sempat heboh beberapa waktu lalu. Game tersebut adalah dirancang oleh orang Vietnam dan digarap sendiri. Game tersebut hadir dengan graphic sederhana dan konsep berbeda. Kesimpulannya game adalah sebuah seni yang mesti dibuat dengan konsep baru agar alur ceritanya membuat orang lain tertarik untuk memainkannya.

Adapun ulasan kali ini tidak akan mengupas bagaimana cara seorang android developer membuat game, melainkan cara menjualnya. Ada 2 cara mudah yang bisa dicoba yaitu menjual di Google Play Store atau App Stor iOS.

1. Registrasi ke Google Play

Menjual game mobile di Google Play sangat gampag. Namun, sebelumnya Anda mesti membuat akun Google lalu masuk ke developer console. Pertama kali Anda akan dikenakan biaya sekitar $25. Biaya tersebut hanya dibutuhkan sekali saja dan selanjutnya Anda cukup melengkapi akun merchant Google Wallet.

Bila tidak, maka Anda bisa merilis aplikasi secara gratis agar bisa menggunakan fitur in-app billing Google pada aplikasi yang dibuat. Buat akun Merchant Google Wallet via Google Play Developer Console, lalu masuk Set Up a Merchant Account Now pada Setting, lalu Account Details. Selanjutnya Anda hanya perlu mengikuti langkah yang ada.

2. Upload Aplikasi ke Google Play

Untuk mengunggah aplikasi ke Google Play, juga tidak kalah mudah. Anda hanya perlu mengikuti langkah-langkah berikut:

  • Klik Add New Apllication pada Google Play.
  • Tuliskan judul aplikasi, lalu klik Upload APK.
  • Klik Upload Your First APK, lalu pilih Store Listing.
  • Pilih Pricing and Distribution pada layar di sisi kiri.
  • Pilih aplikasi Free bila Anda inin aplikasi gratis, atau pilih Paid bila ingin berbayar.

Bagi Anda yang sudah Set Up a Merchant Account, maka Anda bisa memilih Paid.

  • Pilih Countries atau negara tertentu.
  • Klik Ready to Publish, lalu Publish the app.

Leave a Reply

Your email address will not be published.Email address is required.