Tips dan Sumber Mengembangkan Aplikasi Untuk Android Developer Pemula

Tips dan Sumber Mengembangkan Aplikasi Untuk Android Developer Pemula

Baru belajar jadi android developer? Tidak perlu minder. Dengan tekun belajar dan menggali informasi bisa jadi Anda akan tampil sebagai pengembang handal. Untuk mendapatkan sumber inspirasi kini pun bukan hal sulit. Terdapat beberapa sumber website yang bisa membantu Anda mengembangkan aplikasi android. Ada pula tips yang mudah dipelajari pengembang pemula, diantaranya:

Mempersiapkan Tools

Tahap awal untuk mengembangkan sebuah aplikasi tentunya adalah mempersiapkan tools yang dibutuhkan. Misalnya IDE (Integrated Development Environment) yang banyak digunakan para programmer sebagai software khusus dengan fitur lengkap untuk mengembangkan aplikasi.

Hal ini mengingat bahasa pemrograman yang digunakan dalam pengembangan aplikasi android tidak lain yaitu Java. Anda bisa memilih 3 pilihan IDE yang tersedia seperti Android Studio/ Intellij, Eclipse, atau Netbeans.

Emulator Genymotion

Berikutnya bila Anda tidak memiliki ponsel pintar android, untuk menjalankan aplikasi yang dibuat bisa memanfaatkan Android Emulator Genymotion sebagai alternatif. Genymotion memiliki banyak jenis perangkat dan versi Android yang dapat dipasang. Emulator tersebut juga menampilkan performa yang jauh lebih menarik dibanding Android Emulator.

Fitur Genymotion juga lengkap seperti daya baterai, kompas, sampai Gyroscope yang berfungsi menentukan orientasi perangkat. Hasilnya pengembangan aplikasi Anda pun bisa jadi lebih cepat dan membantu dalam menentukan target aplikasi.

Tutorial Membuat Aplikasi

Belajar membuat aplikasi sekarang ini memang lebih mudah. Pasalnya kehadiran internet memungkinkan Anda mendapat informasi dari mana saja. Tidak terkecuali dari website. Beberapa situs web pun menyediakan tutorial pengembangan android untuk android developer pemula seperti AndroidHive, Code Path, Official Android Developer, Surviving with Android, Vogella, Code Tutplus, Kilobolt, dan Styling Android.

Untuk cara belajar yang tidak kalah mudah, sekarang ini juga banyak diberikan video tutorial yang bisa diakses. Beberapa video tutorial yang dimaksud diantaranya TheNewBoston, Derek Banas – Android Develompent, dan Android Development Tutorial for Beginner.

Manfaatkan Library

Mengingat android bersifat Opern Source, maka ada banyak library yang dapat Anda gunakan seperlu memudahkan pengembangan aplikasi. Library sendiri merupakan seperangkat kode yang berisi fungsi. Misalnya Anda ingin membuat sistem pull to refresh, Anda bisa menggunakan Action Bar Pull to Refresh yang ada pada library. Jadi tidak perlu membuat sistem tersebut dari awal yang pastinys tidak mudah.

User Interface dan Experience

Hal penting lain dalam pembuatan aplikasi yaitu tampilan dan penggunaan atau user interface dan experience. Sejumlah web seperti Android Niceties, Android Holo Color Generator, Android UI & UX, dan Android Asset Studio bisa diakses untuk membantu pengembangan aplikasi oleh android developer pemula.

Leave a Reply

Your email address will not be published.Email address is required.