Tips Meraup Untung dari Google Play Untuk Android Developer

Tips Meraup Untung dari Google Play Untuk Android Developer

Bagi setiap android developer bisa mendapatkan untung besar dari aplikasi yang dibuat tentu menyenangkan. Ibarat kata kerja keras yang dilakukan akhirnya memberi hasil memuaskan. Salah satu alasan mengembangan suatu aplikasi itu pun pastinya untuk menghasilkan uang. Karena itulah, bisnis pengembangan aplikasi ini cukup menjanjikan keuntungan besar dan sayang dilewatkan begitu saja. Apalagi bila Anda memang memiliki bakat mumpuni dalam mengembangkan suatu aplikasi bermutu.

Agar bisa memperoleh uang dari aplikasi yang dibuat, maka Anda mesti mempublikasikan aplikasi di Android Market atau Google Play. Sebagai tahap awal Anda hanya perlu membayar biaya sebesar $25, sekali untuk selamanya, agar aplikasi yang diunggah bisa diunduh semua orang di seluruh dunia. Tentunya dengan harga yang sudah Anda tetapkan sebelumnya. Dalam hal ini Google memberikan ketentuan untuk bagi hasil keuntungan penjualan dimana 70% diberikan kepada pengembang dan 30% untuk Google.

Sebagai contoh, Anda menjual aplikasi yang dibuat seharga $1 dan sudah diunduh sebanyak 1000 kali. Dari aplikasi tersebut Anda bisa memperoleh 70% dari hasil penjualan atau senilai $700. Bila Anda mampu mengembangkan aplikasi yang berkualitas unggul, ada hadiah uang $25.000-$150.000 yang bisa Anda dapatkan. Besar kecilnya hadiah uang tersebut bergantung dari rating yang diberikan pengguna melalui Android ADC2 Challenge.

Ingin untung yang lebih besar dari Google Play? Ternyata ada tips mudahnya. Bagaimana? Yuk simak!

Rilis Aplikasi Berbayar di Google Play

Untuk bisa merilis aplikasi berbayar di Google Play, seorang pengembang memang mesti mempunyai rekening bank di sejumlah negara yang diperbolehkan menjual aplikasi di Google Play. Cukup disayangkan karena Indonesia belum menjadi salah satunya. Namun, hal ini masih bisa diakali dengan menjalin kerjasama dengan publisher yang menerima aplikasi dari negara yang tidak didukung Google Play. Namun, komisi yang diminta pihak publiser terbilang besar.

Portofolio Aplikasi

Usahakan untuk merilis versi lite yang gratis. Hal ini penting agar pengguna bisa menjajal aplikasi Anda lebih dulu sebelum membeli versi berbayar. Jelas mesti ada perbedaan dari kedua jenis aplikasi yang dibuat. Misalnya versi lite hanya terdiri dari 2 level permainan sementara ada lebih banyak level seru yang bisa dimainkan dalam versi berbaya. Sebisa mungkin buat versi lite aplikasi Anda menarik dan pengguna pun menjadi penasaran untuk menjajal versi berbayarnya. Semakin banyak orang mengunduh aplikasi Anda, maka keuntungan yang diperoleh sebagai android developer tentu akan semakin besar.

Leave a Reply

Your email address will not be published.Email address is required.